Kenapa Butuh ISO 45001 ?

posted in: Article | 0


ISO 45001 adalah Standar Internasional pertama untuk kesehatan dan keselamatan kerja yang ditulis oleh ISO. Anda mungkin mempertimbangkan untuk menerapkan dan mendapatkan sertifikasi sistem manajemen kesehatan dan keselamatan organisasi yang vital bagi perusahaan Anda yang semakin sukses. Tapi, apakah sertifikat dan hasil implementasi akan sepadan dengan usaha Anda?

Siapa yang membutuhkan dan akan mendapat manfaat dari ISO 45001?

Apakah bisnis kecil membutuhkan ISO 45001?

Salah satu fitur utama ISO 45001 adalah standar ini tidak peduli seberapa besar ukuran organisasi. Tujuan ISO 45001 adalah untuk mengurangi cedera dan penyakit di tempat kerja secara global. Perusahaan dengan berbagai ukuran dapat mengambil manfaat dari pendekatan proaktif yang diuraikan dalam ISO 45001

Apakah menunjukkan sertifikasi merupakan hal penting perusahaan Anda ?

Sistem manajemen ISO dirancang untuk membantu organisasi dalam menciptakan dan menegakkan praktik terbaik. Namun, untuk mendukung kepatuhan penuh dan menunjukkan keandalan yang sempurna kepada pihak eksternal, sertifikasi adalah hal yang mutlak. Hanya dengan mengikuti standar tidak cukup untuk membuktikan kepada pihak eksternal bahwa Anda telah memenuhi persyaratan standar manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Anda harus mempertahankan sertifikasi aktif. Sertifikasi ISO 45001 akan memungkinkan pihak lain mempercayai Anda untuk bertindak berdasarkan praktik terbaik kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Setelah tersertifikasi, Anda juga dapat mengiklankan sertifikasi Anda kepada klien dan karyawan di masa mendatang, memberi mereka kepercayaan tambahan pada kemampuan Anda.

Apakah perusahaan Anda ingin meningkatkan kinerja?

Melalui sertifikasi ISO 45001, perusahaan Anda akan mendapat manfaat dari panduan terstruktur, selangkah demi selangkah, yang akan meningkatkan kinerja organisasi Anda. Tujuan audit ISO tidak hanya untuk menemukan ketidaksesuaian, mereka secara aktif berusaha untuk meningkatkan efisiensi, dengan tujuan akhir untuk membuat organisasi Anda lebih produktif, meningkatkan kinerja, dan memuaskan laba Anda.

Apakah perlindungan karyawan penting bagi Anda?

Standar yang ditetapkan oleh manajemen ISO 45001 memungkinkan pemilik perusahaan dan lebih tinggi untuk menentukan persyaratan apa yang perlu dicapai untuk menyediakan lingkungan yang aman dan andal bagi pekerja dan kontraktor mereka. Setelah ISO 45001 diterapkan, sertifikasi yang diberikan oleh perusahaan akan menyediakan bukti bahwa perusahaan telah aman bagi tenaga kerja baik internal maupun pihak luar. Integrasi yang lebih jauh lagi, standar ISO 45001 bisa menjadi persyaratan bagi pemasok, kontraktor, dll untuk melakukan bisnis. Seperti ISO 9001, perusahaan-perusahaan yang ada mungkin akan menuntut kepatuhan Anda terhadap ISO 45001 untuk memastikan organisasi Anda telah memperlakukan karyawan sesuai persyaratan standar.

Apakah perusahaan Anda berfokus untuk meningkatkan produktivitas?

Pelaksanaan manajemen ISO 45001 akan membantu mengurangi kemungkinan kerusakan dan penyakit di tempat kerja melalui pendekatan proaktif terhadap kesehatan dan keselamatan organisasi. Dengan bersikap proaktif, perusahaan dapat meningkatkan produktivitasnya. Dengan sertifikasi ISO 45001, perusahaan  membuktikan bahwa mereka telah mengambil setiap langkah yang diperlukan untuk melindungi para pekerja, menghilangkan praktek-praktek yang tidak efisien, dan langkah-langkah serta panduan proaktif, para karyawan dapat memberikan hasil yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat adanya sistem yang efektif.

Apakah Anda ingin membuktikan komitmen terhadap kesehatan dan keselamatan karyawan?

Memperoleh sertifikasi ISO 45001 menunjukkan perhatian perusahaan terhadap pekerja mereka dan keselamatan mereka. Ini adalah aspek yang sangat penting pada banyak industri, terutama jika pekerjaan melibatkan tantangan fisik yang besar; kilang minyak, pabrik, gudang, dll. Perusahaan perlu berhati-hati untuk menerapkan solusi yang efektif untuk keselamatan pekerja dan memastikan walaupun pekerjaan memiliki risiko bahaya, langkah yang diperlukan telah dan sedang diambil untuk membuat tempat kerja seaman mungkin bagi karyawan dan kontraktor.

Sertifikasi ISO 45001 tidak dapat dibantah membuktikan perusahaan Anda peduli dan memperhatikan karyawan, dan semua tindakan pencegahan telah diambil untuk memastikan keselamatan mereka.

Apakah Anda ingin mengurangi premi asuransi pekerja?

Dengan penerapan ISO 45001 dan sertifikasi, perusahaan dapat mengurangi premi asuransi. Dengan mempertahankan sistem proaktif untuk mengurangi lingkungan berbahaya di tempat kerja, biaya asuransi akan berkurang, memungkinkan perusahaan Anda untuk terus berjalan seperti biasa, tetapi mengurangi biaya yang terkait dengan asuransi.

Sertifikasi ISO 45001 memiliki beberapa manfaat lain termasuk perubahan budaya di tempat kerja & kepuasan kerja karyawan, pengetahuan, dan partisipasi. Fokus ISO 45001 pada partisipasi karyawan, konteks organisasi dan kepemimpinan menunjukkan peran yang dimainkan oleh karyawan sejajar dengan tingkat  manajemen dalam mengembangkan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja .

Apakah perusahaan Anda membutuhkan ISO 45001?

Keputusan untuk mendapatkan sertifikat ISO 45001 bergantung pada banyak faktor, dan sebagai pengambil keputusan di organisasi, ini adalah keputusan Anda. Namun, penting untuk dicatat bahwa organisasi yang ingin bekerja secara internasional atau yang ingin menunjukkan kepatuhan dengan standar global Kesehatan dan Keselamatan di tempat kerja perlu menerapkan dan memperoleh sertifikasi ISO 45001.

Sumber :

Iso 45001 – Who Needs the Certification

Leave a Reply